RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :SMK negeri 2 Prabumulih
|
Kelas/Semester:XII/Ganjil |
Materi:Q.S Ali Imran/3:190-191 & QS Ali Imran /3 :159 sertahaditsterkait |
Mata Pelajaran:PAI |
Alokasi Waktu :3 x 45 Menit |
KompetensiDasar : 3.1 Pertemuan: 1.Q.S Ali Imran/3:190-191 |
A. TujuanPembelajaran
Kompetensi Dasar |
TujuanPembelajaran |
3.1Menganalisis&mengevaluasimakna QS Ali Imran/3:190-191 & QS Ali Imran/3:159 sertahaditsterkait |
MelaluiPembelajaran Discovery Learning pesertadidikdapat: 1.Mengidentifikasi maknaQ.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait 2.Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait 3.Menjelaskan manfaatberpikirkritissesuaidengankandungan Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait 4.Menganalisis hukumbacaan yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191. 5.Menjelaskan sikapkritisdenganciri-ciri orang yang berakalsesuaipesan yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191. 6.Menyimpulkan hukumbacaan, makna, pesan hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191. 7.Mendemonstrasikan bacaan, Q.S Ali Imran/3:190-191 sessuaikaidahilmu tajwid dan makhrijulhuruf. 8.Mendemonstrasikan hapalan Q.S Ali Imran/3:190-191 denganfasih dan lancar 9.Menyajikan hukumbacaan Q.S Ali Imran/3:190-191 10.Menyajikan Makna, pesan-pesan hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahadistterkait. 11.Menyajikan paparanketerkaitanantarasikapberpikirkritisdenganciri-ciri orang yang berakal, sesuaidengan QS Ali Imran ayat 190-191 sertahadisterkait. |
4.1.1 Membaca QS Ali Imran/3:190-191& QS Ali Imran/3:159 sesuaidengankaidahilmu tajwid makhrijulhuruf 4.1.2.Mendemontrasikan hapalanQS Ali Imran/3:190-191& QS Ali Imran/3:159 denganlancar. 4.1.3.Menyajikan keterkaitanantarasikapkritisdengan orang-orang yang berakal (ulilalbab) sesuaipesanQS Ali Imran/3:190-191&sikap demokrasi QS Ali Imran/3:159 sertahaditsterkait
|
B. KegiatanPembelajaran
Pendahuluan |
Inti |
Penutup |
Guru dan pesertadidikberdo’aBersama (PPK), guru mengecekkehadiranpesertadidik, memberikanmotivasi pada pesertadidik, sertamenyampaikantujuanpembelajaran, manfaatpembelajarantentangtopik yang akandipelajari, dan menyampaikangarisbesartopikmateri yang akandipelajari |
Literasi: Pesertadidikmelihat, mengamati dan membacalalumengidentifikasitayangan dan bahanbacaanterkaitmaterihukumbacaan (Tajwid), isikandungansertaasbabunnuzul QS Ali Imran/3: 190-191 BerpikirKritis: Pesertadidikdibimbing guru melakukanidentifikasihukumbacaan,isikandungansertaasbabunnuzul yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 Kolaborasi Pesertadidikdibadidalambeberapakelompok, untukberdiskusi dan tukarinformasimengenaihukumbacaan (Tajwid) isikandungandan asbabunnuzulpada QS Ali Imran/3: 190-191 Komunikasi: Pesertadidikmempresentasikanhasilkerjakelompokatauindividusecaraklasikal. Kesimpulan: Guru dan pesertadidikmembuatkesimpulantentangmateri yang telahdipelajariterkaithukumbacaan (Tajwid) pada QS Ali Imran/3: 190-191 |
Pesertadidikmenyimpulkanhasilpembelajarandenganbimbingan guru.
Guru memberikanevaluasihasil proses pembelajaran
Guru memberitugasmandiri/kelompok
Guru menyampaikanmateripembelajaran yang akandibahas pada pertemuanselanjutnya
Guru dan siswaberdo’a Bersama sebagaiakhirdaripembelajaran |
C. Media /Alat/SumberPembelajaran
Media |
Alat |
Sumber |
Slide ppt ,LKS, lembarpenilaian |
White Board, Spidol, Laptop |
Alqur’an, , buku PAI XII , Buku Tajwid, Internet |
D. PenilaianPembelajaran
Pengetahuan : Lisan/Tertulis |
Keterampilan |
Sikap |
Diberikanbeberapasoal,pesertadidikmampumengidentifikasihukumbacaan (Tajwid), isikandungan dan asbabunnuzulQS Ali Imran/3:190-191 |
Menilaiperesentasiterkaitidentifikasihukumbacaan (Tajwid). |
Penilaiansikapketikabekerjasamadalamkelompok dan Ketika peresentasi. |
Mengetahui, Prabumulih 13 Juli 2020
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran
Lestarika M.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar