Selasa, 22 September 2020


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah           :SMK negeri 2 Prabumulih

 

Kelas/Semester:XII/Ganjil

Materi:Q.S Ali Imran/3:190-191 & QS Ali Imran /3 :159 sertahaditsterkait

Mata Pelajaran:PAI

Alokasi Waktu :3 x 45 Menit

KompetensiDasar : 3.1

Pertemuan: 1.Q.S Ali Imran/3:190-191

A.     TujuanPembelajaran

Kompetensi Dasar

TujuanPembelajaran

3.1Menganalisis&mengevaluasimakna QS Ali Imran/3:190-191 & QS Ali Imran/3:159 sertahaditsterkait

MelaluiPembelajaran Discovery Learning pesertadidikdapat:

1.Mengidentifikasi maknaQ.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait

2.Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait

3.Menjelaskan manfaatberpikirkritissesuaidengankandungan Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahaditsterkait

4.Menganalisis hukumbacaan yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191.

5.Menjelaskan sikapkritisdenganciri-ciri orang yang berakalsesuaipesan yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191.

6.Menyimpulkan hukumbacaan, makna, pesan hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S Ali Imran/3:190-191.

7.Mendemonstrasikan bacaan, Q.S Ali Imran/3:190-191 sessuaikaidahilmu tajwid dan makhrijulhuruf.

8.Mendemonstrasikan  hapalan Q.S Ali Imran/3:190-191 denganfasih dan lancar

9.Menyajikan hukumbacaan Q.S Ali Imran/3:190-191

10.Menyajikan Makna, pesan-pesan  hikmah dan  manfaat yang terkandung pada  Q.S Ali Imran/3:190-191 sertahadistterkait.

11.Menyajikan paparanketerkaitanantarasikapberpikirkritisdenganciri-ciri orang yang berakal, sesuaidengan QS Ali Imran ayat 190-191 sertahadisterkait.

4.1.1 Membaca QS Ali Imran/3:190-191& QS Ali Imran/3:159 sesuaidengankaidahilmu tajwid makhrijulhuruf

4.1.2.Mendemontrasikan hapalanQS Ali Imran/3:190-191& QS Ali Imran/3:159 denganlancar.

4.1.3.Menyajikan keterkaitanantarasikapkritisdengan orang-orang yang berakal (ulilalbab) sesuaipesanQS Ali Imran/3:190-191&sikap demokrasi QS Ali Imran/3:159 sertahaditsterkait

 

B.     KegiatanPembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Guru dan pesertadidikberdo’aBersama (PPK), guru mengecekkehadiranpesertadidik, memberikanmotivasi pada pesertadidik, sertamenyampaikantujuanpembelajaran, manfaatpembelajarantentangtopik yang akandipelajari, dan menyampaikangarisbesartopikmateri yang akandipelajari

Literasi:

Pesertadidikmelihat, mengamati dan membacalalumengidentifikasitayangan dan bahanbacaanterkaitmaterihukumbacaan (Tajwid), isikandungansertaasbabunnuzul QS Ali Imran/3: 190-191

BerpikirKritis:

Pesertadidikdibimbing guru melakukanidentifikasihukumbacaan,isikandungansertaasbabunnuzul yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191

Kolaborasi

Pesertadidikdibadidalambeberapakelompok, untukberdiskusi dan tukarinformasimengenaihukumbacaan (Tajwid) isikandungandan asbabunnuzulpada QS Ali Imran/3: 190-191

Komunikasi:

Pesertadidikmempresentasikanhasilkerjakelompokatauindividusecaraklasikal.

Kesimpulan:

Guru dan pesertadidikmembuatkesimpulantentangmateri yang telahdipelajariterkaithukumbacaan (Tajwid) pada QS Ali Imran/3: 190-191

Pesertadidikmenyimpulkanhasilpembelajarandenganbimbingan guru.

 

Guru memberikanevaluasihasil proses pembelajaran

 

Guru memberitugasmandiri/kelompok

 

Guru menyampaikanmateripembelajaran yang akandibahas pada pertemuanselanjutnya

 

Guru dan siswaberdo’a Bersama sebagaiakhirdaripembelajaran

C.     Media /Alat/SumberPembelajaran

Media

Alat

Sumber

Slide ppt ,LKS, lembarpenilaian

White Board, Spidol, Laptop

Alqur’an, , buku PAI  XII , Buku Tajwid, Internet

D.     PenilaianPembelajaran

Pengetahuan : Lisan/Tertulis

Keterampilan

Sikap

Diberikanbeberapasoal,pesertadidikmampumengidentifikasihukumbacaan (Tajwid), isikandungan dan asbabunnuzulQS Ali Imran/3:190-191

Menilaiperesentasiterkaitidentifikasihukumbacaan (Tajwid).

Penilaiansikapketikabekerjasamadalamkelompok dan Ketika peresentasi.

 

Mengetahui,                                                                                         Prabumulih  13 Juli 2020

KepalaSekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

                                                                                                            Lestarika M.Pd.I

September 22, 2020   Posted by LESTARIKA in with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search